Langsung ke konten utama

Kunci Jawaban E-Learning Kewarganegaraan Pertemuan 7 Kuis Pra UTS


1. Identitas nasional indonesia menunjuk pada identitas-identitas yang bersifat nasional, bersifat buatan karena dibentuk dan disepakati dan sekunder karena …
a. Sekedar pengelompokan berdasar ras, agama, budaya, Bahasa dan sebagainya
b. Peraturan perundang-undangan lainnya
c. Sebelumnya sudah terdapat identitas kesukubangsaan dalam diri bangsa Indonesia
d. Konvensi/kebiasaan
e. Dibentuk dan disepakati
Jawaban : Sebelumnya sudah terdapat identitas kesukubangsaan dalam diri bangsa Indonesia

2. Hal-hal yang dapat menyebabkan disintegrasi bangsa antara lain …
a. Keanekaragaman suku bangsa, budaya, adat isti adat serta agama
b. Tidak terjadinya kesalahpahaman antar individu
c. Kurang seimbangnya antara pembangunan material dengan pembangunan spiritual
d. Pembangunan nasional yang kurang merata
e. Banyak kebudayaan asing yang diserap oleh bangsa Indonesia
Jawaban : Kurang seimbangnya antara pembangunan material dengan pembangunan spiritual

3. Secara politis, pendidikan kewarganegaraan di Indonesia lahir karena tuntutan … dan sejumlah kebijakan pemerintah yang berkuasa sesuai dengan masanya.
a. Cita-cita Indonesia merdeka
b. Sosial kultural
c. Konstitusi atau UUD 1945
d. Hidup dalam kehidupan bermasyarakat
e. Rasa kebangsaan
Jawaban : Konstitusi atau UUD 1945

4. Identitas nasional sebagai identitas bersama suatu bangsa dapat dibentuk oleh beberapa faktor yang meliputi …
a. Demokrasi
b. Monarki
c. Primordial, sakral, tokoh, bhineka tunggal ika, sejarah, perkembangan ekonomi dan kelembagaan
d. Kesatuan
e. Serikat
Jawaban : Primordial, sakral, tokoh, bhineka tuggal ika, sejarah, perkembangan ekonomi dan kelembagaan

5. Konsep warga negara pada zaman Yunani kuno hanya meliputi …
a. Pemerintahan dan lembaga-lembaga negara
b. Angkatan perang, artis, dan ilmuwan/filsuf
c. Kalangan terbatas
d. TNI, Polri, pedagang, dan profesi serta kelompok masyarakat lainnya yang telah memenuhi syarat menurut undang-undang
e. Kawula negara
Jawaban : Angkatan perang, artis, dan ilmuwan/filsuf

6. Identitas nasional sangat penting bagi bangsa Indonesia karena …
a. Kongres kebudayaan 1918
b. Pembentukan intensif pasca kemerdekaan
c. Kongres Bahasa Indonesia I tahun 1938
d. Bangsa Indonesia dapat dibedakan dan sekaligus dikenal oleh bangsa lain
e. Perjalanan panjang menuju indonesia merdeka
Jawaban : Bangsa Indonesia dapat dibedakan dan sekaligus dikenal oleh bangsa lain

7. Pendidikan kewarganegaraan Indonesia dilakukan pada tataran sosial kultural oleh para pemimpin di masyarakat yan mengajak untuk mencintai tanah air dan bangsa indonesia, secara …
a. Historis
b. Politis
c. Analitis
d. Demokratis
e. Sosiologis
Jawaban : Sosiologis

8. Warga ngara dalam kepustakaan Inggris dikenal dengan istilah …
a. Nation-state
b. People
c. Society
d. Onderdaan
e. Civic
Jawaban : Civic

9. Model integrasi yang berlangsung di Indonesia …
a. Semmakin banyak prinsip dijalankan maka semakin tidak maju negara tersebut
b. Semakin sedikit prinsip dijalankan maka semakin demokratis negara tersebut
c. Semakin sedikit prinsip dijalankan maka semakin maju negara tersebut
d. Model integrasi Imperium Majapahit, model integrasi kolonial, dan model integrasi nasional Indonesia
e. Semakin banyak prinsip dijalankan maka semakin tidak demokratis negara tersebut
Jawaban : Model integrasi Imperium Majapahit, model integrasi kolonial, dan model integrasi nasional Indonesia

10. Dimensi integrasi mencakup …
a. Integrasi vertikal dan horizontal
b. Sosial
c. Politik
d. Ekonomi
e. Budaya
Jawaban : Integrasi vertikal dan horizontal

11. Secara … pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
a. Politis
b. Yuridis
c. Etimologis
d. Terminologis
e. Historis
Jawaban : Yuridis

12. Pengembangan integrasi dapat dilakukan melalui …
a. Pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh
b. Adanya ancaman dari luar, gaya politik kepemimpinan, kekuatan lembaga-lembaga politik, ideologi nasional, kesempatan pembangunan ekonomi
c. Model integrasi Imperium Majapahit, model integrasi kolonial, dan model integrasi nasional Indonesia
d. Disintegrasi
e. Inegrasi bangsa, integrasi wilayah, integrasi nilai, integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku
Jawaban : Adanya ancaman dari luar, gaya politik kepemimpinan, kekuatan lembaga-lembaga politik, ideologi nasional, kesempatan pembangunan ekonomi

13. Secara historis, identitas nasional indonesia ditandai ketika munculnya kesadaran rakyat sebagai bangsa yang sedang dijajah oleh bangsa asing pada tahun 1908 yang dikenal dengan masa …
a. Kebangkitan nasional (bangsa)
b. Pasca kemerdekaan
c. Psikis
d. Tidak ternilai
e. Warisan
Jawaban : Kebangkitan nasional (bangsa)

14. Secara … bentuk identitas nasional Indonesia menjadi penciri atau pembangun jati diri bangsa Indonesia yang meliputi Bendera Negara Sang Merah Putih, Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional atau bahasa negara, lambang negara garuda Pancasila, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
a. Historis
b. Privat
c. Sosiologis
d. Psikis
e. Politis
Jawaban : Politis

15. Dalam konteks pendidikan kewarganegaraan, identitas nasional lebih dekat dengan arti jati diri yakni …
a. Tertulis
b. Ciri-ciri atau karakteristik, perasaan atau keyakinan tentang kebangsaan yang membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain
c. Permanen
d. Rigid
e. Fleksibel
Jawaban : Ciri-ciri atau karakteristik, perasaan atau keyakinan tentang kebangsaan yang membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain

16. Bendera negara Indonesia, bahasa negara, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan merupakan …
a. Identitas nasional
b. Kebangsaan
c. Proteksi
d. Kepentingan umum
e. Komunikasi
Jawaban : Identitas nasional

17. Konsep warga negara indonesia adalah warga negara dalam arti modern, adalah …
a. TNI, Polri, petani, pedagang, dan profesi serta kelompok masyarakat lainnya yang telah memenuhi syarat menurut undang-undang
b. Angkatan perang, artis, dan ilmuwan/filsuf
c. Kalangan terbatas
d. Pemerintahan dan lembaga-lembaga negara
e. Kawula negara
Jawaban : TNI, Polri, petani, pedagang, dan profesi serta kelompok masyarakat lainnya yang telah memenuhi syarat menurut undang-undang

18. Aspek integrasi meliputi …
a. Diagonal
b. Politik, ekonomi, dan sosial budaya
c. Vertikal
d. Horizontal
e. Rectangular
Jawaban : Politik, ekonomi, dan sosial budaya

19. Secara … pendidikan kewarganegaraan Indonesia lahir karena tuntutan konstitutsi atau UUD 1945 dan sejumlah kebijakan pemerintah yang berkuasa sesuai dengan masanya.
a. Politis
b. Historis
c. Demokratis
d. Sosiologis
e. Politis
Jawaban : Politis

20. Integrasi bangsa diperlukan guna …
a. Persekutuan
b. Pembauran
c. Memberi tempat
d. Membangkitkan kesadaran akan identitas bersama, menguatkan identitas nasional, dan membangun persatuan bangsa
e. Kesepakatan
Jawaban : Membangkitkan kesadaran akan identitas bersama, menguatkan identitas nasional, dan membangun persatuan bangsa

21. Disintegrasi menyiratkan adanya …
a. Keterpecahan, pertentangan dan konflik
b. Sebagai alat peraturan pemerintah
c. Pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh
d. Kehidupan yang dicita-citakan suatu bangsa ke depan
e. Keterpaduan, kesatuan dan kesepakatan atau konsensus
Jawaban : Keterpecahan, pertentangan dan konflik

22. Pendidikan kewarganegaraan di mana pun umumnya bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik (good citizen) …
a. Konsep pendidikan kewarganegaraan
b. Tujuan pendidikan kewarganegaraan
c. Rumusan pendidikan kewarganegaraan
d. Hakikat pendidikan kewarganegaraan
e. Definisi pendidikan kewarganegaraan
Jawaban : Tujuan pendidikan kewarganegaraan

23. Jenis-jenis integrasi mencakup …
a. Iptek
b. Sosial budaya
c. Ekonomi
d. Integrasi bangsa, integrasi wilayah, intergrasi nilai, integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku
e. Politik
Jawaban : Integrasi bangsa, integrasi wilayah, intergrasi nilai, integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku

24. Warga negara adalah warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan …
a. UU RI No. 12 tahun 2012
b. UU RI No. 20 tahun 2003
c. UU RI No. 12 tahun 2006
d. UU RI No. 14 tahun 2004
e. UU RI No. 14 tahun 2005
Jawaban : UU RI No. 12 tahun 2006

25. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi berarti …
a. Bangsa sebagai persekutuan hidup manusia
b. Pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh
c. Membangkitkan kesadaran
d. Menguatkan
e. Membangun
Jawaban : Pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh

26. Pendidikan kewarganegaraan berasal dari kata ”pendidikan” dan kata kewarganegaraan”, ditinjau dari …
a. Etimologis
b. Yuridis
c. Historis
d. Sosiologis
e. Terminologis
Jawaban : Etimologis

27. Identitas nasional Indonesia menunjuk pada identitas-identitas yang bersifat nasional bersifat buatan karena …
a. Identitas
b. Dibentuk dan disepakati
c. Sebelumnya sudah terdapat identitas kesukubangsaan dalam diri bangsa indonesia
d. Primordial, sakral, tokoh, bhineka tunggal ika, sejarah, perkembangan ekonomi dan kelembagaan
e. Sekedar pengelompokan berdasar ras, agama, budaya, bahasa dan sebagainya
Jawaban : Dibentuk dan disepakati

28. Jenis-jenis integrasi mencakup …
a. Nation
b. Kolonial
c. Integrasi bangsa, integrasi wilayah, intergrasi nilai,integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku
d. Bangsa
e. Persatuan hidup manusia
Jawaban : Integrasi bangsa, integrasi wilayah, intergrasi nilai,integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku

29. Secara harfiah, identitas berasal dari bahasa Inggris Identity yang berarti …
a. Kedaulatan keluar dipegang oleh pemerintah pusat
b. Kelompok-kelompok persekutuan hidup manusia yang lebih besar dari sekedar pengelompokan berdasar ras, agama, budaya, bahasa, dan sebagainya
c. Jati diri, ciri-ciri, atau tanda-tanda yang melekat pada seseorang atau sesuatu sehingga mampu membedakannya dengan yang lain
d. Hak untuk mengatur daerahnya
e. Jumlah undang-undang dasar yang dimiliki
Jawaban : Jati diri, ciri-ciri, atau tanda-tanda yang melekat pada seseorang atau sesuatu sehingga mampu membedakannya dengan yang lain

30. UU RI No. 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara, serta lagu kebangsaan merupakan …
a. Kepentingan umum
b. Sejarah
c. Perkembangan ekonomi
d. Identitas nasional
e. Perkembangan kelembagaan
Jawaban : Identitas nasional

Note :
Terima kasih sudah mampir di postingan ini, penulis sangat berharap pembaca bisa meninggalkan jejak komentar di sini. Kritik dan saran sangat berarti bagi admin untuk membantu kemajuan dan perkembangan blog ini.

Komentar

Postingan Keren Lainnya

Kunci Jawaban E-Learning Kewarganegaraan Pertemuan 9

1. Keberadaan negara hukum Indonesia dalam arti material harus dimaknai bahwa negara Indonesia adalah negara hukum dalam arti : a. Neo klasik b. Konservatif c. Statis d. Klasik e. Dinamis Jawaban : Dinamis 2. Konsep negara hukum dalam arti luas dapat dilihat pada tujuan negara yang terdapat dalam : a. Pasal 27 UUD 1945 b. Pembukaan UUD 1945 alinea ke IV c. Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 (amandemen ketiga) d. Pasal 33 UUD 1945 e. Pasal 28 UUD 1945 Jawaban : Pembukaan UUD 1945 alinea ke IV 3. Konsepsi negara hukum indonesia dapat dimasukkan dalam konsep negara hukum dalam arti material atau negara hukum dalam arti luas. Ini adalah pendapat : a. Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo b. Mr. Muhammad Yamin c. Mustafa Kamal d. Winarno e. Moh. Hatta Jawaban : Winarno 4. Negara Indonesia sebagai negara hukum harus tampil progresif artinya : a. Dapat menyesuaikan perkembangan jaman b. Selalu berorientasi kemajuan c. Tidak pernah ketinggalan jaman d. Berfungsi sebagai pelindung masy

Penjelasan Teori Pluralis, Marxis, dan Sintesis Pada Sebuah Negara

Marilah kita mencoba menganalisis tabel tersebut menggunakan pandangan para pemikir tentang hubungan negara dan warga negara yang digolongkan menjadi tiga yaitu Pluralis, Marxis, dan Sintesis dari keduanya. Negara dan warga negara sebenarnya merupakan satu keping mata uang bersisi dua. Negara tidak mungkin ada tanpa warga negara, demikian pula tidak ada warga negara tanpa negara. Namun, persoalannya tidak sekedar masalah ontologis keberadaan keduanya, namun hubungan yang lebih relasional, misalnya apakah negara yang melayani warga negara atau sebaliknya warga negara yang melayani negara. Hal ini terlihat ketika pejabat akan mengunjungi suatu daerah, maka warga sibuk menyiapkan berbagai macam untuk melayaninya. Pertanyaan lain, apakah negara mengontrol warga negara atau warga negara mengontrol negara? 1. Pluralis Kaum pluralis berpandangan bahwa negara itu bagaikan sebuah arena tempat berbagai golongan dalam masyarakat berlaga. Masyarakat berfungsi memberi arah pada kebijakan y

Kunci Jawaban Her Khusus Enterpreneur

1. Seorang wirausahawan yang berhasil, tidak menunda kesempatan yang dapat dimanfaatkan, menurut bygrave karakter ini disebut … Jawaban : Doers 2. Yang termasuk dalam komponen fix cost dalam financial budget adalah : Jawaban : Sewa tempat 3. Menurut bygrave seorang pengusaha memiliki berbagai karakteristik, salah satu karakteristik yang harus dimiliki pengusaha adalah dedication yang berarti … Jawaban : Bekerja tidak mengenal waktu 4. Devotion merupakan karakteristik wirausahawan yang berarti … Jawaban : Mencintai pekerjaan dan produk yang dihasilkan 5. Suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bsinis untuk menjual barang/jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskna dan menarik bagi penyandang dana”, adalah pengertian dari … Jawaban : Business plan 6. Analisis titik impas atau disebut break event point, dalam business plan Jawaban : Perencanaan permodalan 7. Dalam membuat gambaran singkat perusahaan terdapat misi perusahaan. Yang terdapa

Kunci Jawaban E-Learning Kewarganegaraan Pertemuan 4

1. Perdebatan Hak Asasi Manusia antara Soekarno, Soepomo, Mohammad Hatta, dan Mohammad Yamin terkait dengan masalah hak persamaan kedudukan di muka umum dan seterusnya. Terjadi pada … a. Sidang PPKI b. Sidang umum PBB c. Rapat di lapangan IKADA d. Kongres Sumpah Pemuda e. Siding BPUPKI Jawaban : Sidang BPUPKI 2. Asas Hukum internasional yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya disebut asas … a. Kebangsaan b. Teritorial c. Proteksi d. Komunikasi e. Kepentingan umum Jawaban : Teritorial 3. Negara adalah serangkaian institusi yang dipakai kaum Borjuis untuk menjalankan kekuasaannya, disebut … a. Kaum Borjuis b. Kaum Kapitalis c. Teori Marxis d. Kaum Pluralis e. Teori Lenin Jawaban : Teori Marxis 4. Asas hukum internasional yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kehidupan masyarakat … a. Teritorial b. Naturalis c. Positivisme d. Kebangsaan e. Kepentingan umum Jawaban : Kepentingan umum 5. Subjek hukum internasional

Kunci Jawaban E-Learning Kewarganegaraan Pertemuan 2

1. Hakikat identitas nasional Indonesia adalah pancasila yang diaktualisasikan dalam berbagai kehidupan dan berbangsa. Aktualisasi tersebut terdapat dalam pembukaan Undang-undang 1945 alinea ke … a. Kelima b. Keempat c. Pertama d. Kedua e. Ketiga Jawaban : Keempat 2. Salah satu contoh nyata karakter yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain adalah … a. Kerja bakti bersama dan ronda b. Memiliki lambing Negara c. Bercocok tanam d. Negara kepulauan e. Pendidikan dasar 9 tahun Jawaban : Kerja bakti bersama dan ronda 3. Masalah integrasi nasional di Indonesia sangat kompleks dan multi dimensional, untuk mewujudkannya diperlukan keadilan dalam kebijakan pemerintah dengan tidak membedakan … a. Persatuan dan kesatuan bangsa b. Ras, suku, agama, dan bahasa c. Hakikat-hakikat bangsa d. Kebudayaan bangsa e. Nilai sejarah dan moral Jawaban : Ras, suku, agama, dan bahasa 4. Sumber identitas nasional BI di bawah ini kecuali … a. Pancasila b. Politik Indon